Selamat Datang

Bagi pengunjung Blog, silahkan di baca dan di simak dengan baik, pada Artikel dan Komentar untuk mendapatkan ilmu dan manfa'at nya.

Silahkan mengunjungi Toko Online di sini Tokopedia Teguh HydroFarm dan Shopee Teguh Sakura
Silahkan mengunjungi Channel Youtube disini Youtube Teguh Sakura

Alhamdulillah, Terima kasih bagi yang telah mengunjungi Blog, Toko dan Channel Youtube.




Jumat, 24 Maret 2017

Menanam Tanaman Cabe dengan Sistem Water Culture (DWC Kratky)


Di bawah ini adalah Video Kebun saya:



Alhamdulillah, bisa lanjut menulis setelah tadi menulis Semai tanaman Cabe.
Kali ini saya lanjut menulis tentang Menanam Cabe di Sistem Water Culture dengan Box Streofoam.
Dari pengalaman saya menggunakan buat menanam Tomat dan Melon, ternyata Sistem ini yang paling bagus.
Tanaman bisa subur dan lebat, bahkan Daun tanaman cabe bisa sebesar telapak tangan.

Dulu saya menanam Sistem Water Culture menggunakan Pot Pot Plastik, bagi anda yang mengikuti Google Plus milik saya sejak dulu, pasti tahu kalau saya pernah menanam Cabe di Pot Plastik,
Lalu Saya juga pernah Menanam di Box Streofoam tanaman Tomat dan Melon.

Dengan menggunakan Box Streofoam, maka Suhu Air Nutrisi akan stabil, tidak terpengaruh panas nya suhu di siang hari.
Jadi akar bisa tumbuh dengan baik tidak stress karena air nutrisi yang panas.
Streofoam adalah bahan Isolator Suhu yang baik, ini di pakai di termos air panas, di box buat menyimpan es, di termos es, dst.

Saya memakai Box Streofoam yang tebal nya sekitar 2 cm dan bisa berisi sekitar 10 Liter air.
Harga di tempat tinggal saya kisaran Rp 13.000 - Rp 25.000 (Tergantung toko nya) ,
Setelah ber keliling di area kota saya, yaitu kota malang, akhirnya saya menemukan toko yang murah,
yaitu Toko MAKMUR di Jalan Martadinata daerah Kota Lama (Pecinan) dekat Apotik Boldy.

Dari ilmu yang saya dapat di Youtube oleh Peter Stanley , Youtube oleh Khang Starr dan Pepperlover.com, untuk meng Optimalkan pertumbuhan tanaman cabe, anda bisa menambah CalMag jika memang Nutrisi AB Mix kurang memenuhi kebutuhan Cal dan Mag.
Disarankan memberi dengan perbandingan Cal dan Mag sebesar 2:1.
Jadi saya beri kan tambahan Calsium Nitrat dan Magnesium Sulfat, JIKA memang AB Mix kurang memenuhi kebutuhan Cal dan Mag.
Fungsi dari Calsium untuk mengurangi kerontokan bunga dan Magnesium untuk menyehatkan tanaman.

Alhamdulillah, AB Mix merk Splendid, tidak memerlukan tambahan Cal Mag.

Silahkan di baca lebih lanjut.... 

Sedikit pengenalan Sistem DWC Kratky.


Penjelasan Gambar diatas:
  1.  Gamber No.1
    Pada Saat Bibit di pindah ke dalam Sistem Water Culture, maka akar akan pendek atau sama sekali belum keluar dari Metan,
    Jadi anda harus menaikkan Air sampai mengenai Metan seperti Gambar itu.
    Agar akar tanaman bisa menyerap Air Nutrisi untuk tumbuh berkembang.
    Pada Awal perkembangan, anda tidak perlu mengisi Air Nutrisi, kira kira selama 1 Minggu - 2 Minggu.
    Nilai PPM Air Nutrisi pada minggu ke 1 sampai ke 2, dikasih kisaran 300-400.
  2.  Gambar No.2 
    Pada perjalanan waktu, maka Tanaman akan tumbuh membesar,
    Sehingga Akar akan memanjang dan Otomatis Air Nutrisi akan ikut berkurang.
    Pada saat ini, Akar tanaman sudah bisa ber Nafas Oksigen lewat Ruang Kosong karena berkurangnya Air Nutrisi.
    Jaga Ketinggian Air Nutrisi di 3/4 sampai 1/2 saat Mengisi Air Nutrisi, agar ada Ruang Kosong buat Akar untuk Ber Nafas Oksigen.
    Saya sendiri jika sudah ber akar panjang, saya selalu menjaga Air Nutrisi sampai ketinggian 5 CM sampai Maksimal 10 CM dari Net Pot, agar Akar Bisa BerNafas dan Air tetap terjaga Suhu nya.
    Agar Pertumbuhan tetap Optimal, sebaiknya Ganti Air Nutrisi dengan yang baru, setiap 4 Minggu - 6 Minggu sekali.
    Nilai PPM Air Nutrisi pada minggu ke 3 dan seterusnya, dikasih kisaran 600-700.


Seperti Tanaman yang Tumbuh di dalam Tanah, maka Akar juga bisa ber nafas langsung, tanpa harus lewat Oksigen yang terlarut di dalam Air (D.O = Dissolved Oxygen).
Pada Pertanian di Tanah, selalu di minta meng Gembur kan tanah, Agar Tanah menjadi Porous/mudah di lewati udara, untuk memudahkan Akar ber Nafas Oksigen.



Sekarang Lanjut ke Tutorial, saya mem persiapkan sebagai berikut :

  1. Box Streofoam, cari yang tebal dan padat agar awet.
    Untuk Ukuran sesuaikan, saranku minimal 10 Liter.
  2. Plastik Kresek, untuk melapisi Box agar mudah di bersihkan dan mengurangi cahaya yang masuk ke air nutrisi.
  3. Net Pot, saya pakai Net Pot 5 Cm.
  4. Pelubang, untuk melubangi Net Pot.
    Saya memakai Kawat Besi yang saya bentuk Bulatan diameter 4,5 Cm.
    Dengan begitu Net Pot 5 Cm bisa terpasang rapat.
  5. Lilin untuk memanasi Kawat Pelubang.
  6. Cutter untuk merapikan.
  7. Gunting.
  8. Penggaris.



Sekarang lanjut ke Pembuatan Box Tempat Menanam nya:

  1. Persiapan semua bahan bahan.



  2. Sekarang lanjut melubangi tutup nya untuk tempat Net Pot nya.
    Caranya cukup di Panasi di di tusukkan, lalu di rapikan dan masukkan Net Pot.
    Ma'af tidak ada yang bantu mem foto, jadi pas melubangi tidak bisa saya foto.




  3. Setelah itu pasang Plastik Kresek Hitam nya, di bawah foto saat sudah terpasang.
    Ma'af tidak ada yang bantu men foto, jadi yang ada Foto yang sudah jadi.

  4. Selesai, siap dipakai buat menanam


Sekarang lanjut ke Pemindahan Bibit tanaman cabe nya, silahkan di lihat:


  1. Persiapan semua bahan bahan, yaitu: Bibit, Air Nutrisi dan Box tempat menanam.


  2. Mulai dari mengisi Air Nutrisi ke dalam Box, Isi sampai penuh agar bisa merendam Net Pot.
    Saat baru pindah akar pendek, jadi dengan Memenuhi Air Nutrisi akan membuat Air Nutrisi mengenai Rockwoll, jadi otomatis akan mengenai Akar.



  3. Lalu lanjut memindah Bibit nya ke Net Pot.

  4. Persiapkan Bibit dan Tutup nya

    Angkat dari Gelas

    Remas Rockwoll sampai seukuran lubang Net Pot.

    Masukkan ke dalam Net Pot

    Rapikan akar, bisa pakai bantuan Pinset agar sebagian keluar.

  5. Selesai memindah dua tanaman, berikutnya lanjut ke tanaman yang lain.


  6. Alhamdulillah, semua selesai di pindah.

  7. Tanaman mulai dari Kiri adalah Habanero Orange Apple, 2 Yellow 7 Pods dan 2 Naga Brain.
    Tanggal 08 Februari 2017 (08-02-2017)


Di bawah ini Foto Kelebihan dari Sistem ini:


Akar nya Putih - 20 Feb 2017 (20-02-2017)

Akar nya Putih - 20 Feb 2017 (20-02-2017)

Akar nya Putih - 01 Maret 2017 (01-03-2017)

Jam 11 Siang Suhu 34 C - 01 Maret 2017 (01-03-2017)
Meski Suhu Panas, Akar tetap Putih.

Daun nya Besar dan ber buah - 16 Maret 2017 (16-03-2017)

Daun nya Besar dan tambah besar buah nya - 20 Maret 2017 (20-03-2017)




Di Bawah ini Foto Perkembangannya:

Tanggal 20 Feb 2017 ( 20-02-2017)

Tanggal 20 Feb 2017 ( 20-02-2017)

Tanggal 23 Feb 2017 ( 23-02-2017)
Saya semprot Atonik 6,5L - dosis 1mL per 1 Liter.

Tanggal 01 Mar 2017 ( 01-03-2017)

Tanggal 01 Mar 2017 ( 01-03-2017)

Tanggal 01 Mar 2017 ( 01-03-2017)

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)
Ada bunga rontok lalu banyak tunas di bawah, saat nya di kasih Cal Mag.

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)

Tanggal 06 Mar 2017 ( 06-03-2017)

Tanggal 14 Mar 2017 ( 14-03-2017)
Gambar nya agak rusak saat saya watermark pakai XnConvert for Ubuntu Linux

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)
Di Gambar ini, bunga yang tengah akan rontok karena menguning.

Tanggal 16 Mar 2017 ( 16-03-2017)

Tanggal 20 Mar 2017 ( 20-03-2017)

Tanggal 20 Mar 2017 ( 20-03-2017)

Tanggal 23 Mar 2017 ( 23-03-2017)

Tanggal 08 Apr 2017 ( 08-04-2017 )

Tanggal 08 Apr 2017 ( 08-04-2017 )
Buah Habanero Orange Apple mulai ada yang matang jadi kuning.
Tanggal 25 Apr 2017 ( 25-04-2017 )
Buah Habanero Orange Apple berubah jadi warna merah, harusnya kuning.
Saya kasih nama Habanero Red Apple, saya coba rasanya pedas, ada manis nya kayak Paprika.

Tanggal 25 Apr 2017 ( 25-04-2017 )
Buah Chocolate Naga Brain berubah jadi warna Coklat.

Tanggal 25 Apr 2017 ( 25-04-2017 )
Buah Yellow 7 Pod Primo berubah jadi warna kuning.

Tanggal 27 Apr 2017 ( 27-04-2017 )
Buah Yellow 7 Pod Primo berubah jadi warna kuning dan unik.

Tanggal 25 Apr 2017 ( 25-04-2017 )
Penampakan kebun dari sisi dekat tanaman Chocolate Naga Brain.
Alhamdulillah, banyak yang matang, disini terlihat Choco Naga Brain, Yellow 7 pod Primo dan Habanero Red Apple.

Buah Cabe nya saya jual, jadi jika anda berminat menanam, anda bisa membeli buah nya untuk di ambil biji nya.
Dengan membeli Buah nya anda bisa mencoba rasa pedas nya dan supaya tidak tertipu dengan Biji dari Cabe jenis lain.


Semua ini di tanam dengan memakai Nutrisi AB Mix untuk Buah merk Splendid.
Anda bisa mendapatkan Nutrisi AB Mix dan Pupuk CN-G plus Magnesium Sulfat di Toko Online saya, Link ada di bawah.

1. Nutrisi AB Mix untuk Buah paket 1.000 Liter = Rp. 85.000,- bisa di beli di toko saya (klik ini)
2. Pupuk CN-G kemasan 1 Kg = Rp 21.000 bisa di beli di toko saya (klik ini)
3. Pupuk Magnesium Sulfat (Garam Ingris) kemasan 1 Kg = Rp. 15.000  bisa dibeli di toko saya (klik ini)


Buat tambahan ilmu, anda bisa membaca E Book tentang Sistem Kratky disini Buku Digital tentang Pertanian ( E-Book )



Semoga membantu.

36 komentar:

  1. Terima kasih, postingannya sangat membantu. Saya mau tanya, pupuk CN-G dan Magnesium Sulfat tuh disemprotkan ke daunnya atau dicampur di cairan nutrisinya ya..???mhn dijawab pak teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Ma'af baru membalas, anda bisa mencampur dengan Air Nutrisi atau di semprot ke bawah daun.

      Saya sendiri mencampur ke Air nutrisi dan saya beri sekitar 100 ppm CN-G dan 50 ppm Magnesium Sulfat per 1 Liter air.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
    2. Gan mau nanya nih itu CN-Gny bikinny 100ppm gimana ya gan?? Apa ditimbang 100mg terus dilarutkan dalam 1 liter air?

      Hapus
    3. saya melakukan nya dengan cara mencampur sedikit demi sedikit sambil saya ukur pakai TDS Meter.
      kalau ukuran pas nya, saya gak hitung.
      karena saya ambil sedikit sedikit pakai sendok plastik trus di tuang ke dalam air, sambil di ukur pakai TDS Meter.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    4. Saya pake air pam bgtu saya masukin TDS meter langsung ke angka 500an ada saran gimana baiknya gan?? Hehehe sbenernya saya bisa seksama bikin ppmnya tepat tp ga punya alatny dirumah

      Hapus
    5. sebaiknya di coba menanam dulu dengan air pam tersebut.
      ada kalanya air nya bisa cocok dengan jenis tanaman dan merk ab mix tertentu.
      tapi jika ternyata hasil tanaman kurang bagus, paling mudah di tandai dengan daun menguning.

      maka anda perlu menurunkan nilai ppm dengan di filter.
      filter sederhana pakai filter air aquarium.
      filter yang bagus pakai filter air minum dengan teknologi Reverse Osmosis (R.O.)

      Untuk Filter Air Aquarium,
      Silahkan anda coba anda filter sekali, lalu di coba buat menanam.
      jika kurang bagus, bisa di filter sampai dua kali lalu di coba buat menanam.
      ini dilakukan sampai mendapatkan hasil yang baik.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  2. perbandingan kratky styrofoam dengan kratky pot bagaimana mas teguh? dilihat dari pertumbuhan dan jumlah buahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Di tempatku jauh lebih bagus, ukuran tanamannya saja beda, lebih besar yang pakai box streofoam.
      untuk buah, ini tergantung ke tanaman nya, jika sejak masa semai sudah menunjukkan tanda tanda bagus, maka buah bisa lebat.
      karena itu semai yang banyak , lalu dipilih yang sehat dan bagus untuk di besarkan di sistem kratky dwc pakai box streofoam.

      sampean coba lihat foto foto di Google Plus ku, ada foto foto perkembangan saat masih pakai Pot Plastik.

      Ayo di coba salah satu atau dua tanaman cabe sampean di tanam di Box Streofoam.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  3. oya, kratky mas teguh tidak ditutup rapat ya yang atasnya netpot? itu memang dibuka atau bagaimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, agar ada udara yang bisa masuk.
      Tapi kalau di tempat sampean gak ada atapnya, sebaiknya ditutup.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  4. ada tambahan nutrisi calcinit dan magnesium ya mas? berarti nutrisinya abmix buah + calcinit + magnesium? setelah nutrisi dalam box habis, ditambah nutrisi baru atau dibuang tanamannya? kalau ditambah nutrisi baru, berarti akar terendam semua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Iya, di kasih tambahan calcinit dan magnesium.
      Dulu pas sampean main ke rumah dengan saudara sampean, pas saya kasih tahu video tentang sistem kratky, di video itu ada penambahan kalsium nitrat dan magnesium sulfat nya kan.

      Jadi saya tambahkan itu.

      ---------------------------------

      Betul, AB Mix buah (600-700ppm) + Kalsium nitrat ( 100 ppm ) + Magnesium sulfat ( 50 ppm )

      ---------------------------------

      Mengenai Air Nutrisi di dalam Box, jika habis saya isi Air nutrisi baru sampai ketinggian separuh tempat menanam.
      Jadi akar tidak terendam semua, disisakan untuk bernafas oksigen.

      Dalam interval 1 - 2 bulan sekali, sebaiknya di bersihkan wadah kratky nya.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum ..
    mau tanya pak, ini perlu diganti air nutrisinya apa cuma diisi ulang saja?
    kalau diganti berapa ukuran (ppm dan jumlah larutan nutrisi) yg tepat dan berapa lama harus diganti?
    terus kalau diisi ulang berapa selang waktunya dan jumlah takaran nutrisinya...
    Sebelumnya matur suwun pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wa rahmatullah.
      Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Saat sudah 4 - 6 Minggu, itu perlu anda kuras dan bersihkan, lalu di Isi dengan Air Nutrisi Baru dengan nilai ppm yang sama sebelumnya, tergantung tanaman yang anda tanam.
      Karena saya nanam cabe jenis Hot Pepper, cukup pakai 700 - 900 ppm saja.

      Sebelum waktu pergantian Air diatas, maka anda bisa hanya memberi Air bersih atau Air Nutrisi ber PPM sesuai dengan kebutuhan.
      Saya sendiri di 3-5 hari, tergantung cuaca dan tinggi tanaman, akan saya isi Air Bersih saja sampai ketinggian separuh jika air nutrisi sudah tinggal sedikit.
      Kadang saya juga memberi tambahan AB Mix dan CalMag sekitar 400-700 ppm.

      Kunci utama agar pertumbuhan bagus, salah satu nya di pergantian dan pengurasan, agar kebutuhan unsur unsur tetap seimbang tidak kurang atau over dosis.
      Dan agar kotoran dan endapan garam yang bisa mengganggu pertumbuhan bisa di hilangkan.


      Supaya cepat proses pengurasan, bisa langsung ganti Plastik Kresek yang baru, jadi praktis kan.
      Yang lama bisa di cuci dan dipakai di waktu pengurasan berikutnya.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    2. Plastiknya itu perlu disterilkan apa langsung dipakai pak? Soalnya sy prnah mmbaca plastik hitam daur ulang mengandung unsur yg berbahaya...
      Dan satu lagi pak, kira kira dimensi box nya sndiri berapa ya untuk ukuran yang tepat tidak kekecilan untuk akar tanamanya dan tidak kebesaran biar tidak makan ruang banyak, soalnya mau cari ditoko tapi takut salah

      Hapus
    3. Jangan pakai Plastik Hasil Daur Ulang, pakai Plastik yang bagus.
      Plastik hasil Daur Ulang jika di pegang, terasa beda nya dan biasanya gampang sobek.
      Yang saya pakai Plastik tebal dan kenyal.

      Anda juga bisa pakai plastik PolyBag yang tanpa lubang, ini lebih enak, tinggal pakai saja.

      Saran saya cari yang ukuran 25cm x 30cm x 40cm.
      Atau yang kapasitas 10 Liter.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  6. Penggantian airnya setiap berapa lama om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Seperti yang saya tulis di Artikel diatas, setiap 4 minggu - 6 minggu sekali.
      Disesuaikan dengan jenis dan umur tanaman.
      Jika anda amati air nutrisi sudah keruh dan banyak endapan, sebaiknya di ganti dan di bersihkan.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    2. Klo untuk nutrisinya beda jenis beda ppmnya om?? Klo refersinya dimana ya om?

      Hapus
    3. dari pengalaman, yang namanya ukuran ppm itu fleksible.
      disesuaikan dengan racikan nutrisi hidroponik, kondisi tanaman dan umur nya.
      saya dulu pernah nanam sawi, pakai ab mix merk A dengan ppm 700 dan pernah pakai merk B pakai 2.000
      nanam cabe pakai ppm 400-600


      saya sendiri sering mengambil referensi dari hasil penelitian di universitas di luar negri, dan forum serta web hidroponik di luar negri.
      dan juga youtube.

      itulah kenapa petani di tuntut belajar meracik rumus unsur hara kimia dan tahu keguanaan unsur hara kimia.
      Lalu menjadi Dokter untuk menganalisa dan tahu bagaiamana tanaman hidup.

      saya share beberapa buku digital di blog ini, bisa coba di baca buat referensi.

      nanti dengan berjalannya waktu disaat merawat tanaman, maka ilmu dan pengalaman akan bertambah.
      dan dari pengalaman membaca artikel diluar negri, setiap tempat punya perlakuan sendiri.
      misal tata cara di california, bisa beda dengan di texas, dst.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    4. Wah ini sih namanya evidance based farming saya suka....saya suka

      Hapus
  7. Ane keracunan setelah melihat videonya om KhangStar tentang cabai yg di hidroponikkan.

    Tapi tentu sulit diaplikasikan, karena jika menggunakan AB mix buah konvensional, justru pada saat masa generatif, akar sering terserang cendawan. Terlebih lagi suhu kota ane di Sidoarjo sini lumayan dan kadang sangat panas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Kalau begitu, anda bisa coba Sistem Irigasi Tetes dengan mengkombinasikan Kompos dan Arang Sekam.
      Lalu anda beri Tricoderma.

      Beberapa petani hidroponik profesional di Indonesia melakukan itu, tujuan nya untuk mendapatkan keuntungan dari Tricoderma untuk menambah daya tahan tanaman terutama akar dari serangan penyakit.

      Saya mau mencoba melakukan itu, tapi masih tahap semai, jadi masih lama kalau mau lihat hasil dan jika bagus akan saya posting.

      Tanaman cabe apalagi jenis Hot Pepper, itu suka sama suhu minimal 30 derajat celcius, mengikuti iklim negara amerika selatan yang memang panas.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  8. Gan.. saya lg coba tanam.
    Saya bikin nutrisinya:
    1. ab mix buah 600 ppm
    2. ditambah calcinit 100 ppm jd 700 ppm
    3. ditambah mag sulfat 50 ppm jd 750 ppm
    Bener ga?? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Betul gan.
      Saran saya, sebaiknya tanpa calcinit dan magnesium di saat masih belum berbunga.
      untuk berhemat dan biasanya di ab mix sudah tercukupi.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  9. Mending ngefotonya pake tripod gan. Yang murah gak nyampe 100rb kok, hehe... =P
    Saya punya "seribu pertanyaan":
    1) Gan, kasih tau nilai ppm (plus calcinit dan garam inggrisnya juga) per mingguannya donk? (sampe berbuah)
    2) Itu kotak stereform nya panjang ke bawah, tapi kayanya kreseknya gak gede2x amat (gak sampe ke bawah). Di bawahnya dikasih apa gan?
    3) Saya mau pake netpot kecil seperti itu, tapi angin di rumah saya GANAS!! Tanamannya pasti jatuh. Ada saran gak?
    4) Klo pakenya nutrisi khusus cabe, bagus gak?
    5) Cabe di saya layu daunnya klo kena matahari langsung (walau matahari pagi). Kalo agan gimana?
    6) Jadi supaya gak rontok bunganya/buahnya dikasih Calcinit + Garam inggris lebih ya? Bukannya rontok karena kekurangan potassium (k)?
    7) Mending pake hidroton ato rockwol ya?
    Segitu dulu deh, haha.. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Di rumah saya punya Tripod, ada 2 malahan, ada yg kecil dan besar.

      Masalah nya gak bisa di foto pakai Tripod, jadi tetap enak pakai tangan langsung.

      1. Gak ada acuan baku nya, dan itu hanya saya kasih jika memang perlu saja, kalau bunga nya gak ada yang rontok atau sedikit yang rontok, saya gak kasih.
      Karena di Nutrisi AB Mix sudah ada Kalsium nitrat dan Magnesium sulfat nya, dan itu masih mencukupi.
      Biasanya ada yang menjual Racikan AB Mix yang kurang Kalsium nitrat dan Magnesium Sulfat nya sehingga bikin rontok bunga dan bakal buah.

      2. Di saat awal pindah, gak butuh banyak air nutrisi, jadi saya ganjal pakai potongan lembaran streofoam.
      Sebenarnya gak harus pakai Streofoam sebesar itu.
      Sebagian ada yang saya belah jadi dua, saya kasih tutup pakai lembaran streofoam tebal 2,5 cm.
      Jadi bisa 2 tempat menanam.
      Cuman.... jadi sering ngisi, kira kira 2 hari sekali ngisi air nutrisi.

      3. Di kasih Ajir, bisa pakai Pipa Paralon seperti di Link youtube atau seperti saya, saya kasih tiang di kiri dan kanan di deretan tanaman cabe, lalu saya kasih tali untuk mengikat.

      4. Tergantung Racikan nya gan, pada dasarnya racikan khusus itu menguntungkan "Penjual/Peracik Nutrisi AB Mix".
      Alasannya, dia akan memakai bahan bahan racikan sebanyak yang hanya di butuhkan oleh tanaman cabe.
      Jika bisa di hemat.
      Jangan sampai salah paham, Nutrisi khusus Cabe tidak akan membuat tanaman cabe jadi bagus.
      Dia hanya memberikan unsur unsur hara yang kemungkinan di butuhkan Tanaman cabe.

      Yang bisa membuat Subur itu ZPT, yang merupakan bahan kimia hormon perangsang.

      5. Itu artinya Air Nutrisi nya Panas, atau Tanaman nya sudah terserang penyakit sehingga tidak tahan suhu panas lagi.
      Alhamdulillah, punya saya aman aman saja selama Air Nutrisi terjaga tidak sampai kehabisan.
      Suhu di tempat saya menanam bisa sampai 40 derajat.
      Tapi jika tanaman pernah kehabisan air nutrisi, dia akan stress, ciri nya akar berwarna coklat, semakin coklat semakin stress karena itu tanda akar akarnya mati.

      6. Dari yang saya baca dan lihat di Youtube, pakai itu.
      Selama tanaman nya sehat, tapi kalau tanaman pernah Stress karena seperti yang saya jelaskan di atas.
      Harus di Karantina.

      Cara saya karantina, saya pindah ke tempat teduh yang tidak terkena cahaya matahari langsung.
      Saya bersihkan akar akar yang mati, dan saya kasih air nutrisi ber ppm rendah, misal 2mL + 2mL + 1 Liter.
      Dan setiap 2 hari sekali saya ganti sampai pulih akar nya, yaitu keluar akar akar baru berwarna putih.

      7. Gak ada bedanya kalau sistem Kratky, pakai Spon di jepit juga bisa.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  10. Assalamualaikum.
    Akhirnya saya bertemu dengan petani hydro sistem kratky.
    Salam kenal pak teguh, saya buyung. Baru belajar, dan saya memilih sistem kratky.

    Pak teguh.,
    Berapa liter air yang dibutuhkan untuk satu tanaman cabai sistem kratky?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Salam kenal juga.
      Minimal 2 Liter dan Pakai Box Streofoam.
      Box Streofoam semakin tebal semakin baik, karena suhu air nutrisi akan terjaga.
      Jika pakai 2 Liter saat tanaman dewasa dan mulai berbuah, setiap 2 - 3 hari butuh di isi air nutrisi sebanyak yang di perlukan, kadang sekitar 1 - 1,5 Liter.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    2. Jazakallahu khairan pak.

      Maksud saya, kebutuhan air mulai saat di pindah ke streofoam sampai panen.karena dalam artikel disarankan ganti air nutrisi baru 4-6 minggu sekali.

      Dan umur berapa HSS tanaman (cabai) dipindah ke streofoam.

      Barakallahu fiikum.

      Hapus
    3. Wa Iyyakum,

      Afwan, Ana belum pernah menghitung nya.
      Karena tanaman cabe bisa di panen terus selama tanaman nya masih hidup.
      Ana punya tanaman cabe yang umurnya sudah 1 tahun lebih, bahkan mungkin sudah 2 tahun dan itu masih bisa terus di panen.

      Ana tidak pernah menghitung HSS nya, hanya Ana lihat tanaman nya kalau sudah setinggi sekitar 10 cm akan Ana pindah.

      Ini hanya Perkiraan saja, Kalau Cabe Rawit biasa, itu umur berbuah pertama kali sekitar 3 bulan.
      Jika pakai Box Streofoam 10 Liter, kemungkinan sekitar 50 Liter - 100 Liter.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    4. Waahh.., cabe sampai umur 2 tahun. Masyaallah. Itu bibit apa?

      Saya akan praktek dulu dah..
      Kebanyakan nanya nanti ga jalan2.
      Boleh konsultasi terus ya pak..?

      Sukses pak Teguh,
      Barakallahu fiikum.

      Hapus
    5. Tanaman cabe jika Antum bisa merawatnya dengan baik, maka umurnya bisa panjang.
      Tidak hanya 2 tahun saja.

      Saat ini Tanaman cabe Ana yang berumur sampai 2 tahun an itu jenis Yellow 7 Pods Primo.

      Silahkan konsultasi.

      Hapus
    6. Assalamualaikum pa teguh mf mau nanya, itu pa teguh prnh tnm sawi 2000 ppm, apa ga keracunan pohonnya?

      Hapus
  11. Permisi mas mau tanya,
    Mungkin mas berkenan menjawab.
    Saya beli pupuk ab mix splendid daun yg 1000 ltr (3 kg).
    Saya buat larutan master pakai air hujan 9 ppm. Larutan b ada endapan.
    Lalu saya buat utk siram tanaman pakai air pam 90 ppm.
    5:5:1 jadi 480 ppm, saya tambah lagi 5 ml ab, jadi 550 ppm.
    Setelah saya ukur 5ml larutan A dg 1 ltr air, di tds tertera 0-4 x10 ppm.
    Kalo yg B 5ml dg 1 ltr air 550 ppm.
    Agar bisa normal, saya hrs tambah apa di Larutan master A ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  12. Pak teguh .. buku yang terbaik untuk belajar hidroponik ??

    BalasHapus