Selamat Datang

Bagi pengunjung Blog, silahkan di baca dan di simak dengan baik, pada Artikel dan Komentar untuk mendapatkan ilmu dan manfa'at nya.

Silahkan mengunjungi Toko Online di sini Tokopedia Teguh HydroFarm dan Shopee Teguh Sakura
Silahkan mengunjungi Channel Youtube disini Youtube Teguh Sakura

Alhamdulillah, Terima kasih bagi yang telah mengunjungi Blog, Toko dan Channel Youtube.




Sabtu, 18 Maret 2017

Menyemai Kangkung tanpa Metan


Semai kangkung tanpa metan

Alhamdulillah, saya ada waktu untuk menulis Blog saya lagi.
Kali ini saya menulis apa yang pernah saya share di Google Plus milik saya.

Bagi yang ingin terjun ke Bisnis, maka akan berusaha menanam yang paling laris dan mudah.
Salah satunya adalah tanaman Kangkung.

Tanaman Kangkung paling mudah di budidaya, dengan umur panen sekitar 2-3 minggu.
Dan banyak di cari di pasar, meski dengan harga yang "murah" tapi kita bisa mem produksi lebih cepat.
Dibanding tanaman lain, seperti Selada Keriting dan Sawi Sawi-an yang butuh 5-7 minggu untuk panen.

Karena harga Sayuran Kangkung "Murah", maka harus di buat biaya produksi semurah mungkin.
Salah satunya dengan menanam tanpa Metan, mulai semai sampai pembesaran.

Kali ini akan saya tulis menyemai tanpa Metan yang sudah pernah saya lakukan.
Dulu awal mencoba saya pakai potongan potongan pipa agar kecambah bisa tertopang.
Setelah berhasil, maka bisa di ganti pakai Tray Semai yang isi 200 lubang, karena bisa menopang dengan baik.
Karena Lubang pada Tray Semai masih terlalu besar, maka perlu di perkecil agar Biji Kangkung tidak jatuh.
Saya pernah mencoba memberi Kasa Perban, tapi jika setiap kali selesai semai harus pasang lagi, maka tidak efisien di waktu.
Akhirnya saya perkecil pakai Potongan sisa pinggiran Tray semai.

Nampan saya bungkus Kresek agar lebih Awet Nampan nya, nanti yang rusak hanya Bungkus Plastik Kresek nya saja.






Bahan yang di perlukan adalah:
  1. Tray Semai isi 200 Lubang.
  2. Nampan dengan ukuran Tray Semai, disarankan Beli Tray Semai dulu buat contoh ukuran untuk membeli Nampan/Baki nya.
  3. Lem Alteco atau Lem G, untuk melem.
  4. Gunting.
  5. Pinset


Cara membuatnya:

  1. Silahkan di potong pinggiran Tray Semai, nanti di jadikan penutup sebagian lubang Tray Semai. 
  2. Setelah itu potongan nya di potong pendek pendek.
  3. Gunakan pinset untuk mempermudah memegang potongan potongan dan Lem ke Lubang Lubang Tray Semai di bagian bawah, di balik nya.


Di bawah ini adalah Foto foto nya:

Lubang di tutup seperti ini.

Foto dari dekat

Foto dari dekat

Siap dipakai buat semai kangkung dengan memasukkan biji biji kedalam lubang lubang semai.

Setelah selesai persiapan tempat semai diatas, maka anda bisa mulai menyemai.
Silahkan anda masukkan 2-5 biji per lubang semai,
Setelah itu silahkan isi Nampan/Baki dengan Air sampai ketinggian Air nya menyentuh Biji Biji Kangkung.
Tujuan nya untuk menjaga kelembaban Biji Kangkung agar bisa Sprout/Ber kecambah.


Di bawah ini ada Foto foto proses tumbuhnya semaian kangkungnya:

Umur 4 HSS

Umur 5 HSS

Umur 6 HSS

Umur 9 HSS

Umur 13 HSS


Dari Semaian diatas, bisa anda pindah tanam ke tempat pembesaran, contoh:

Di bawah Kangkung di Sistem NFT

Sistem DWC/Kratky, tanpa Metan dengan Jepit Spon


Semoga membantu.
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar