Selamat Datang

Bagi pengunjung Blog, silahkan di baca dan di simak dengan baik, pada Artikel dan Komentar untuk mendapatkan ilmu dan manfa'at nya.

Silahkan mengunjungi Toko Online di sini Tokopedia Teguh HydroFarm dan Shopee Teguh Sakura
Silahkan mengunjungi Channel Youtube disini Youtube Teguh Sakura

Alhamdulillah, Terima kasih bagi yang telah mengunjungi Blog, Toko dan Channel Youtube.




Jumat, 10 Januari 2014

Hidroponik di Botol plastik bekas




Sudah lama saya tidak menulis blog ini, karena saya masih melakukan percobaan menanam Selada Keriting dan Sawi Pahit di Botol bekas Pocari yang 2 Liter.

Hidroponik ini bagi saya lebih menguntungkan dan mudah dari pada Vertikultur.
Saya tidak perlu kotor kena tanah, tidak perlu menyiram tiap hari, dan cukup menjaga agar air nutrisi tidak kehabisan.
Lalu jeda pengecekan cukup 1 minggu sekali.
Asalkan tanaman terkena matahari yang cukup, maka tanaman akan tumbuh subur,  mudah kan.... :)

Bagi yang sibuk kerja dan tidak punya banyak waktu, ini cocok sekali sebagai hobi atau usaha sampingan.

Anda juga bisa melihat Kumpulan Foto Foto saat saya mengajarkan kepada Anak Anak SMK disini https://plus.google.com/photos/112492023972047296827/album/6004630912954687569




Sebelumnya saya sempat mencoba Hidroponik pakai Botol dengan sistem Wick/Sumbu, lalu memakai Air Nutrisi pakai Grandasil ,
Dan buat menanam Cabe sama Bawang Merah.
Tapi belum berhasil.

Perkiraan saya, kemungkinan besar karena Air Nutrisi nya,
Setelah itu akhirnya saya beranikan membeli Pupuk Nutrisi AB Mix, dan saya beli Saung Hidroponik yang paket Hobby seharga 75 ribu.
Di bawah ini penampakan setelah saya buka dari kardus.



Update tahun 2015:
Sekarang saya menggunakan merk Splendid Hidroponik.
Dan saya juga menjual nya, untuk yang kecil untuk di jadikan 100 Liter Air Nutrisi,
harganya Rp. 21.000
Di bawah ini ada penampakan nya.
*) Tersedia juga yang besar untuk di jadikan 1.000 Liter.
Nutrisi AB Mix kecil dan Isi di dalam nya ada dua bungkus
Nutrisi AB Mix kecil dan perbandingan ukurannya dengan Spidol merk Snowman




Lalu saya pakai buat menanam Sawi dan Selada, dan Alhamdulillah berhasil.

Kendala yang pernah saya alami, adalah:
1. Menaruh bibit nya kurang dalam.
Ini bisa membuat bibit kekurangan nutrisi dan mati.
Akhirnya saya tanam ulang, kira2 dekat dengan dasar gelas plastik nya.
Sebelumnya dekat dengan permukaan Arang Sekam nya.

2. Cahaya, tempat yang saya pakai buat menaruh botol kurang cahaya nya,
sehingga tanaman Selada jadi KuTiLang, yaitu Kurus, Tinggi dan Langsing.
Tapi Daun nya tetep besar besar dan subur.


Proses mulai menaruh bibit sampai panen, membutuhkan kira kira 1,5 bulan.

Jika anda ingin membuat ini sebagai usaha, bisa anda bagi menjadi dua tahap:
1. Penyemaian.
2. Pembesaran.

Dan itu anda bikin rotasi, jadi saat anda mulai proses Pembesaran, maka anda juga lakukan Penyemaian,
Setelah yang di Pembesaran sudah panen, anda bisa langsung memindahkan yang ada di Penyemaian ke Pemindahan, dan seterusnya lakukan seperti itu.

Bahan bahan yang saya pakai:
1. Botol Pocari Sweat yang 2 Liter.
2. Gelas Plastik bekas, saya ambil bekas Aqua, Teh Gelas, Fruit Tea, etc
3. Arang Sekam, saya beli di toko bunga, satu bungkus ukuran bungkus beras 5kg harganya 5 ribu.
4. Pupuk Hidroponik ( Nutrisi AB Mix ).
5. Kresek Hitam.

Alat alat:
1. Gunting.
2. Lakban.
3. Kresek Hitam.


Kresek Hitam bisa di ganti bahan lain, asalkan bisa mem blokir cahaya matahari agar tidak masuk mengenai Air Nutrisi, fungsinya agar di dalam botol tidak di tumbuhi lumut.
Air Nutrisi nya tidak hanya menyuburkan Tanaman yang kita tanam, tapi juga menyuburkan Lumut.

Botol sebaiknya cari yang besar, agar bisa menampung Air Nutrisi lebih banyak.
Dengan Air Nutrisi yang banyak, maka akan membuat kita bisa semakin lama jeda pengecekan Air Nutrisi nya.
Saya sendiri dengan Botol Pocari 2 Liter, itu saya isi hampir menyentuh permukaaan, kira kira saya isi 1,5 Liter Air Nutrisi.
Dengan Jumlah Air Nutrisi sebanyak itu, saya hanya perlu mengecek satu minggu sekali.


Mencampur dan menggunakan AB Mix
Campuran Air Nutrisi memakai takaran 5:5:1
Jadi Ambil Nutrisi Set A sebanyak 5 mL, di tambahkan Nutrisi Set B sebanyak 5 mL, di campurkan ke Air sebanyak 1 Liter.
Saya ambil Nutrisi AB Mix pakai Syringe, bisa di beli di apotik.



Kebutuhan Air Nutrisi paling banyak saat 2 minggu terakhir, dalam seminggu bisa menghabiskan 1,5 Liter Air Nutrisi.
Karena pada 2 minggu terakhir, Tanaman sudah mulai besar, dan itu butuh Nutrisi banyak.


Saya menanam di Empat Botol, dengan 2 Botol saya tanam 1,5 bulan yang lalu dan yang 2 Botol itu saya tanam dengan jeda 2 minggu-an.

Saat ini saya sedang proses pembuatan Hidroponik memakai Pipa PVC.
Supaya bisa menampung lebih banyak tanaman, dan jeda pengecekan semakin lama.
Bisa hanya di cek dua minggu sampai 1 bulan sekali.
Asalkan tanaman terkena sinar matahari dengan baik, maka tanaman akan tumbuh subur.

Di bawah ini ada foto foto yang saya ambil, mulai dari awal saya masukkan bibit, dan sampai panen.








































































Mulai pemanenan Selada Keriting dan Sawi di Dua Botol yang saya tanam 1,5 Bulan yang lalu:













Di Bawah ini saya cabut dari Gelas, disitu terlihat akar akarnya...













Ini Foto Foto saya menyemai bibit Selada Keriting dan Sawi Pahit, yang akan saya tanam di Pipa Pipa PVC.













Umur 2 Minggu

Di Bawah ini ada foto foto perkembangan dari Vertikultur Bawang Merah yang dulu pernah saya lakukan.











Semoga membantu dan memberi inspirasi.... ^_^

119 komentar:

  1. Tolong koreksi kalau saya keliru memahami gambar:
    1) Botol pocari sweat diisi media tanam penuh, lalu dimasukkan gelas plastik berisi media tanam yang dilubangi bawahnya.
    2) Air disiram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Terima kasih telah mampir ke blog saya.
    Itu salah pak, yang benar.
    1. Air Nutrisi di masukkan ke dalam Botol Pocari secukupnya sampai menyentuh bagian bawah gelas, dan gelas nya terendam Air Nutrisi kira kira 1/4 bagian bawah saja.
    2. Media Tanam di masukkan ke dalam Gelas Plastik sampai separuh atau 3/4.
    3. Basahi sedikit Media Tanam nya dengan Air Nutrisi, sampai lembab. (istilah jawa nya "nyemek nyemek")

    4. Masukkan benih kedalam Media Tanam kira kira sedalam 1 cm dari permukaan Media Tanam.

    Semoga membantu. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om numpang nanya beli nutrisinya di mana.soalnya ane tanya2 ke tukang pu2k pada ga ngarti

      Hapus
    2. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Tidak semua toko pertanian Konvesional menjual Nutrisi AB Mix.
      Jika anda berminat, saya menjual Nutrisi AB Mix paket Ekonomis.
      Silahkan kontak saya lebih lanjut di email petaniteguh@gmail.com

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  3. Kak numpang nanya boleh?
    - Kalau pakai arang biasa, bisa tumbuh gak ya kak?
    - Untuk air nutrisi itu pengganti pupuk? Lalu gimana perbandingan pencampurannya ya?
    - Dan kalau beli benih sawi bisa beli dimana ya kak?
    Maaf nih banyak nanya, tapi makasih sebelumnya. Postingannya sangan membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      1. Saya kurang tahu, sepertinya tidak bisa.
      Anda bisa dapatkan Arang sekam di toko kembang.

      2. Air Nutrisi itu adalah Pupuk AB Mix yang di campur dengan Pupuk AB Mix, anda bisa lihat disini http://www.kaskus.co.id/thread/514d38d38027cf825a00000c/nutrisi-hidroponik-ab-mix/
      Disitu ada gambar cara mencampur dan jualan pupuk nya, saya beli disana juga.

      3. Benih sawi bisa di beli di toko pertanian, atau bisa beli disini petanirumahan.net , saya juga beli disini.

      tidak apa apa, sama sama.
      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  4. Makasih buat balesannya kak.
    Tapi untuk pupuk cairnya/nutrisinya sendiri takarannya gimana ya kalo gak pake produk tsb? Seharinya berapa tetes, atau dicampura dengan air biasanya berapa? Apa sama kalo pakai produk lain?
    Makasihhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih sama dengan yg link yg saya kasih tadi.
      Pupuk buat hydroponik itu sebutannya pupuk AB Mix,
      Lalu merk yg bagus menurut saya adalah PakTani Hydrofarm, Saung Hydroponic (yg saya pakai), Goodplant.
      Nanti saat beli akan di kasih petunjuk penggunaan nya.

      Semoga membantu. :)

      Hapus
  5. mw tny donk. sy tertarik dgn blog anda. klo cuma air nutrisi nya ndk dipake gmn? klo cm pake air biasa aja tnpa nutrisi, bs tumbuh jg?

    BalasHapus
  6. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

    Kalau hanya air saja, tidak bisa.
    Tumbuhan itu butuh makanan, nah itu di dapat dari pupuk nya.
    dan supaya tumbuhnya bagus, sebaiknya pakai Pupuk AB Mix.

    Semoga membantu. :)

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya , itu yg di botol pocari benih nya langsung di taruh atau dari smai dlu.. Mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Saya dulu langsung menaruh di dalam gelas plastik yang ada di dalam botol pocari tersebut.
      ^_^

      Hapus
  8. kalau beli nutrisinya yg dijamin dimana pak?
    msalahnya saya ada dipekanbaru, riau. jadi harus dikirim.
    saya agak takut untuk belanja online.
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Coba beli di tokopedia.com
      Di tokopedia memakai sistem rekening bersama.
      Jadi uang anda di transfer dulu ke rekening tokopedia, baru setelah anda terima barang nya, anda bisa bilang ke tokopedia kalo barang sudah di terima.
      nanti tokopedia akan transfer uang anda ke penjual tempat anda beli.
      Tapi tetap hati hati ya, jangan tergiur harga murah, cari harga wajar.
      Biasanya pupuk ab mix untuk 1000 liter itu harganya kisaran 70rb-90rb

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  9. terimakasih atas infonya.....saya numpang copas buat referensi...... semoga percobaan hidroponik saya berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Silahkan mbak... ^_^
      Semoga berhasil dan jangan lupa di share hasilnya di grup facebook hidroponik malang atau di google plus.
      Saya adalah salah satu admin dan aktif disana. ^_^

      Hapus
  10. sekarang masih bercocok tanam bawang merah hidropinik gak? klo enggak, kendalanya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Saya tidak pernah menanam bawang merah di hidroponik.

      Bukan karena kendala, tapi tidak menguntungkan buat saya.
      Saya lebih memilih menanam sayuran, karena bisa panen lebih cepat.
      Jadi bisa dapat uang lebih cepat.

      Sayuran bisa cepat panen, karena rata2 30 - 40 hari sudah bisa di panen.
      Kalau umbi umbi-an seperti bawang, ini butuh 60 hari-an, terlalu lama buat saya.

      Saat ini saya sedang proses membuat sistem nft pakai asbes gelombang buat menanam dengan sistem rotasi dengan total lubang tanam sekitar 900 lubang, dengan luas lahan sekitar 3m x 6m.
      Saat ini sudah selesai 300 lubang, tinggal 600 lubang lagi.

      Dengan sistem rotasi, saya harap bisa membuatnya panen setiap seminggu sekali.
      Target panen, rencananya saya buat sekitar 20kg-60kg / minggu, ini tergantung kondisi cuaca.



      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  11. Salam kenal pak,
    saya mo nanya ttg vertikultur bawang
    1. utk penanaman bibit yg dr umbi itu apa perlu dipotong 1/3 atasnya? Kmdn yg dekat akar jg diiris?
    2. Trus untuk menancapkan umbi bawang sampe seberapa dlm pak? Apakah hrs tertutup media ato hanya hanya sebagian saja yg msk ke dlm media?
    3. Utk penyiramannya bagaimana pak? Berapa kali sehari? Trus kebutuhan ppm nya brp?
    trima kasih sebelumnya & maap klo banyak nanya, maklum msh pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Saya sudah tidak menanam bawang lagi, dan tidak melakukan vertikultur organik lagi, terlalu menyita banyak waktu dan ribet.
      Jadi sekarang fokus di hidroponik saja, yang lebih mudah dan sehat.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  12. Weleh-weleh, lengkap banget penjelasannya, saya mulai tertarik ini.
    Makasih banyak Mas +Teguh Asmara
    Sekarang saya ya sedang belajar menanam sayur organik pake karung bekas, setelah membaca artikel mas jadi berubah pikiran pengin hidroponik.
    Besok pagi langsung action

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Selamat ber Hidroponik ria, dan semoga sukses. ^_^

      Hapus
  13. info nya bermanfaat sekali....saya lagi cari-cari informasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Semoga bisa membantu. ^_^

      Hapus
  14. infonya bermanfaat sekali, saya udah coba tp gagal pd percobaan pertama benih yg saya tanam tiba2 mati pdhal udah tumbuh daun sejatinya...huuu sedih tp mo gmn lg ntar mau coba lg ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Selamat ber Hidroponik ria, tetap semangat dan semoga sukses. ^_^

      Hapus
  15. Salam super pak teguh...saya sangat tertarik dengan artikel pak teguh dan semangat untuk berhidroponik ria.tapi mau tanya tanaman apa aja yang bisa di tanam dengan hidroponik? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya.

      Hampir semua tanaman bisa di Hidroponik kan, tinggal kembali ke nilai efisien, waktu dan tenaga nya saja.
      Di amerika sampai ada proyek percontohan menanam kelapa, pisang, dll memakai hidroponik.

      Di India terkenal dengan pertanian hidroponik kentang yang di eskpor ke eropa.

      Sayuran, Tanaman hias, tanaman anggrek, tanaman obat obot-an, tanaman tomat, jahe, kacang tanah, dst
      Akan banyak kalau disebut satu satu :)

      Semoga bisa membantu. ^_^

      Hapus
  16. Bagian bawah gelas dilubangi supaya air nutrisi bisa masuk yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Betul mbak, di bawah gelas di beri jalan buat masuknya air nutrisi.
      Itu bisa di lubangi atau bisa di sayat.

      Kalau saya tidak saya lubangi, tapi saya sayat pakai gunting berbentuk V.


      Semoga bisa membantu. ^_^

      Hapus
  17. Terima kasih informasinya
    Blognya top deh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Senang jika blog saya bisa membantu dan bermanfa'at buat anda. ^_^

      Hapus
  18. Balasan
    1. Terima kasih telah mampir ke blog saya.

      Senang jika blog saya bisa membantu dan bermanfa'at buat anda. ^_^

      Hapus
  19. kenapa hidroponik ku kecil kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya...

      Karena anda tanya juga di Google Plus saya,
      Maka sudah saya jawab di Google Plus.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  20. Mas mau nanya, kalo air nutrisinya di ganti dengan cairan pupuk organik kira kira bisa ga yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya...

      Saya gak tahu, belum pernah nyoba.
      Dan mau nyoba terlalu ribet,
      dan saya baca baca dari yang pernah nyoba, hasilnya kurang bagus.

      Saranku, silahkan belajar AquaPonik saja.
      Memelihara ikan sekaligus bercocok tanam hidroponik, nanti tanamannya mendapat nutrisi dari kotoran ikan.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  21. kalau pupuk abmix tersedia g di toko obat sayuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya...

      Sepanjang pengetahuan saya, tidak ada toko pertanian yang jual.
      Saya sendiri dulu beli online.

      Saya juga jualan pupuk ab mix, yang kemasan 200 liter 30rb (sayur) dan 40rb (buah), berat kemasan sekitar 1 Kg.
      untuk kemasan 1.000 liter 75rb (sayur) dan 85rb (buah), berat kemasan sekitar 2,5 Kg.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
    2. Pak teguh, untuk pupuk AB Mix buah bisa tidak di aplikasinya ke pohon lengkeng di pot ? Mohon penjelasan dari pak teguh. Dan kalau bisa bagaimana cara membelinya. Terima kasih.

      Hapus
    3. Ini alamat email saya suryanto007@hotmail.com terima kasih atas perhatian dan penjelasan dari bapak.

      Hapus
    4. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Saya kurang tahu, saya rasa bisa,
      karena di Kebun Hidroponik milik Walt Disney, disana ada tanaman kelapa, pepaya, dll di Hidroponik kan.

      cuman tidak ekonomis pak, mahal di biaya pupuk nya.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  22. Makasih<kalau saya pesen yg 200 ltr(sayur) gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke blog saya...

      Silahkan chating lewat Hangouts di Google Plus saya untuk info lebih lanjut.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  23. Assalamualaikum pak, saat ini saya mau menjalakan penelitian untuk skripsi dan saya menggunakan sayuran selada dg media arang sekam dan cocopeat.tetapi saya masih bingung mau menggunakan sistem yang mana, karna nantinya saya mau skripsi saya menjadi acuan sbg pertanian alternatif dg hidroponik yg murah meriah. Boleh minta alamat emailnya pak untuk sharing? Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh.

      Terima kasih telah main ke blog saya.
      Anda bisa menghubungi saya lewat petaniteguh@gmail.com

      Murah ini relatif, tergantung lokasi , ada beberapa tempat yang susah untuk mendapatkan bahan bahan yang di butuhkan untuk pertanian hidroponik.

      Di Thailand ada kebun hidroponik besar yang di kelola sama yayasan orang cacat.
      Saat awal memulai memakai beberapa box box streofoam bekas tempat buah, dan terus berkembang sampai besar, itu tetap memakai box box streofoam bekas tempat buah.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  24. Itu bawangnya mati kurang cairan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Dari pengamatan saya, bukan om.
      Itu mati karena kena penyakit yang disebabkan Pupuk Kandang yang fermentasinya jelek atau Pupuk Organik nya Abal abal.

      Air setiap hari saya siram, dan pada jarak berapa hari, air nya sedikit saya campur sama grandasil.
      Dan saya pastikan media tanam nya basah.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  25. untuk pencampuran Nutrisi AB Mix gmana ya?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Nutrisi nya pakai takaran 5 mL A ditambah 5 mL B lalu di campurkan ke Air sebanyak 1 Liter.
      Disebut juga 5:5:1

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  26. assalammualaikum pak teguh, ada kendala hama atau tikus gak? karena ruang sangat terbatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh,
      Terima kasih telah main ke Blog saya.
      Alhamdulillah, tidak ada kendala hama dan tikus.
      Di artikel yang ini saya menaruh tanaman di tempat jemuran yang tertutup.
      Dulu memang ada tikus yang lewat, tapi tidak sampai memakan tanaman yang saya tanam.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  27. Pak saya mau tanya. Kira kira pupuk untuk hidroponik selain AB Mix ada gak yang lain?. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Hanya Nutrisi AB Mix yang bagus dan murah.
      Untuk paket 100 Liter (beratnya kisaran 300 gram), harganya 25rb-an.
      Dan untuk paket 1.000 Liter (beratnya kisaran 2,2 Kg), harganya 90rb-an.

      Bisa juga meracik sendiri, tapi jatuhnya lebih mahal kalo hanya meracik untuk paket 1.000 Liter itu saya hitung habis 120rb, ini belum ongkos kirim nya.

      Tapi kalau mau menanam Kangkung saja, bisa pakai pupuk NPK yang Soluble, artinya Pupuk NPK yang di khususkan supaya mudah larut di air untuk dipakai di sistem irigasi, seperti merk Growmore.
      Tapi ini lumayan mahal, yang bungkus 30 gram harganya kisaran 20rb.

      Info per tanaman itu butuh kisaran 0,5 Liter - 2 Liter Nutrisi AB Mix untuk tumbuh sampai panen.

      Jika anda butuh Nutrisi AB Mix, bisa pesan kesaya di https://www.tokopedia.com/TeguhHydroFarm

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  28. Pak.. Kl konsul by hp gimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Ma'af, sebaiknya jangan, karena jika saya sibuk di dunia nyata, jika ada yang menghubungi saya lewat hp, wa, hangout, sms, dst akan saya hiraukan.
      daripada anda nanti sakit hati karena anda saya hiraukan, jadi sebaiknya jangan.

      Dan saya lebih menghargai anda jika membaca isi blog saya, dan membaca referensi lain jika ada yang tidak anda tahu, disini anda memang ada usaha untuk belajar dan bukan mencari jalan pintas.

      Jika masih ada yang tidak paham, silahkan di tanyakan di komen.

      Ma'af jika ada kata kata saya yang tidak berkenan.
      Semoga bisa di ambil manfa'atnya. ^_^

      Hapus
  29. Misi mas teguh, tks sdh berbagi pengetahuanx, sy sngat tertarik dgn hydroponik, sy berencana ingin buat usaha, tp pengalaman sy dlm hal bercocok tanam msh kurang, sy harap mas teguh pux video yg bsa sy praktekkan, soalx bxk istilah2 yg sy blom paham, tks mas teguh ats perhatianx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Ma'af saya tidak punya, silahkan anda cari di youtube.com

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
    2. Pak maaf mau tumpang tanya, kalau misalkan akar selada bokor di tanam kembali akan jadi tidak?

      Hapus
    3. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Ma'af saya tidak paham dengan pertanyaan anda.
      Bisa lebih di perjelas?

      Selada Bokor itu apa? Bongkol Selada yang masih ada akar nya?
      Di tanam kembali ke mana? ke dalam botol hidroponik? ke dalam tanah?

      Hapus
  30. Maaf Tak Teguh saya mau tanya, untuk bahan2 seperti Arang sekam, Cocopeat, Nutrisi AB mix dan rock wool u/ penanaman secara hidroponik kira2 bias dibeli dimana pak, soalnya saya mulai dan sangat tertarik sekali u/ system penanaman secara hidroponik ini, terima kasih sebelumnya Pak Teguh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Untuk Arang sekam dan Cocopeat bisa di beli di toko bunga yg menyediakan perlengkapan menanam bunga.
      Untuk Rockwoll dan Nutrisi AB Mix , saya bisa bantu mengadakan nya, dengan memesan ke saya langsung atau lewat toko online saya di https://www.tokopedia.com/TeguhHydroFarm
      Nanti akan saya kasih bonus benih Kangkung Bangkok LP1 (merk panah merah)

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  31. Salam Bapak...saya mencoba menggunakan rock wool untuk semai..tetapi mengapa sudah 1 minggu lebih tak mau tumbuh...sedangkan perlakuan yg sama saya semai dengan media semai tanah humus ( holland ) sudah tumbuh....mohon pencerahan....terima kaseh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Bisa di jelaskan perlakuan nya seperti apa?
      Apa yang anda semai?

      Info saja, saya menyemai pak choy di metan arang sekam, pasir zeolit, spon dan rockwoll , jika Tuhan berkehendak dan benih bagus, maka bisa sprout di hari ke 3 dan seterusnya.
      Meski kadang ada benih yang kurang bagus dan baru sprout setelah dua minggu, bahkan lebih.
      Benih Selada Keriting/Lettuce jika kurang bagus, bisa sebulan baru sprout.

      Benih yang bagus itu setelah di buka dari Bungkus, di simpan di kulkas di dalam plastik klip.
      Info lebih lanjut, baca baca ini http://petaniteguh.blogspot.co.id/2015/10/hal-penting-yang-di-hidroponik.html

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
    2. Terima kasih atas pencerahannya...rock wool dipotong 2x2x2...dibasahkan...dibenamkan benih selada....diletakkan dalam tray dan ditutup plastik hitam....

      Hapus
    3. Saya menyemai tidak di tutup plastik hitam, coba anda baca baca artikel ku tentang semai di blog ku ini.
      Saya tidak pernah menyebutkan menutup dengan plastik hitam atau apapun.

      Perhatikan saja bagaimana Tuhan menciptakan tanaman, saat biji jatuh ketanah , lalu tumbuh.
      Nah, apa biji biji nya ada yang menutupi dengan "penutup" ?

      Jadi coba semai lagi, benih nya jangan di benamkan dalam dalam, usahakan masih terlihat sebagian benihnya di permukaan media tanam nya. (untuk kasus anda metan rockwollnya)
      Taruh di tempat yang teduh, saat sudah pecah cangkang benihnya, segera kenalkan matahari pagi, minimal 1 - 3 jam sehari.

      Semoga sukses.... ^_^

      Hapus
  32. Mohon maaf bila banyak bertanya....Terima kaseh...atas petunjuknya....akan saya cuba tanpa penutup plastic hitam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Tidak apa apa om, selama saya ada ilmu dan kesempatan, akan saya bantu menjawabnya, Insya Allah.

      Hapus
  33. saya dari malang, kl mau beli abmix langsung kemana ya, bagi alamatnya pak, ke email

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Bisa ke Rumah saya di Daerah Sawojajar, Malang.
      Untuk Alamat lengkap lewat email saja ya.

      Nah, Alamat email anda apa ya?
      Kalau alamat email saya petaniteguh@gmail.com
      Silahkan hubungi saya lewat email, nanti akan saya kirimkan alamat saya.

      Hapus
  34. Apakah pakai sistim periode 1 kasih 400ppm(0-2 minggu) ,periode 2 kasih 800 ppm (2 minggu - 4 minggu) .Periode 3 kasih 1400(4 minggu sampai panen)
    Apakah memakai sistim ini pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Saya kurang paham dengan tulisan anda,
      Apakah maksud anda, di artikel ini memakai managemen pemberian nutrisi seperti yang anda tulis,
      Maka saya jawab, bisa pak.
      Meski pada waktu itu saya masih belajar, dan belum saya terapkan managemen tersebut.

      Managemen pemberian nutrisi berkala dengan kepekatan ppm berbeda, itu perlu nutrisi yang bagus juga.
      kalau nutrisi kurang bagus bisa menguning, ini pengalaman saya dari memakai beberapa merk nutrisi hidroponik.
      Nutrisi yang bagus, itu biasanya harga nya lebih mahal.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
    2. Terima kasih pak, maksud saya, waktu bapak tanam pakai botol bekas di artikel ini, apakah bapak sudah menerapkan pemberian nutrisi berkala? Kalau blom dari mulai semai benih sampai panen, itu ppmnya berapa,

      Hapus
    3. Belum, karena pada waktu itu saya belum punya alat TDS Meter dan pH meter,
      Jadi saya memakai rekomendasi dari Tulisan di Bungkus Nutrisi AB Mix nya,
      Yaitu 5ml A + 5mL B + 1 Liter Air.
      Saya berikan mulai tebar benih sampai akan panen, kira kira habis 2 Liter air nutrisi.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  35. Pak, saya semai kangkung dan bayam dari 18 nop 15.
    3 hari kemudian sudah muncul kecambah dan langsung saya kenalkan matahari pagi sekitar 1 jam
    Selang 5 hari udah ada daun sejati langsung saya pindah ke media net pot yg diberi sumbu kain fanel
    Dan wadah air menggunakan btol bekas aqua 1.5 liter (pupuk AB mix cair ratio 1 : 5 : 5)
    Dosisi pupuk meningkat di 1 minggu selanjtnya menjadi 1 : 7 : 7 lalu 3 hari kemudian 1 : 10 : 10 hingga saat ini.
    Saya taruh di luar rumah dan kena matahari mgkin hanya 1 - 2 jam (saya tidak tau pasti karena saya tinggal kerja)
    Selang 20 hari sejak semai, saya perhatikan kenapa tidak tumbuh besar2 ?
    Sementara di literatur mengatakan 3 - 4 minggu sudah bisa panen.
    Apa yg salah kurang sempurna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Kalau baca tulisan anda, yang menyebabkan tanaman tumbuhnya kerdil atau lama,
      Bisa jadi Tanaman nya kurang sinar matahari, tanaman agar tumbuh dengan baik butuh minimal 6 jam, kalau bisa 8 jam dalam sehari.

      Atau kepanasan air di dalam botol nya, dari pengalaman menanam Bayam dan Kangkung di Pipa PVC di Bulan Oktober-September 2015 (Saat cuaca panas) bisa menyebabkan tanaman tumbuhnya lambat dan kerdil.
      Anda bisa lihat foto foto nya di Google Plus ku, saya selalu memposting hobi bertani saya ke Google Plus.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  36. Dimo : Saya sangat tertarik artikel ini akan saya coba praktek mudah2an berhasil trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,
      Silahkan dan semoga berhasil. ^_^

      Hapus
  37. halo pak teguh, saya minat beli ab mix yg 200 liter, bole minta WA nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Ma'af, karena alasan menjaga privasi, saya tidak membagikan nomer WA dan HP di blog ini.
      AB Mix yang cair, saya jual yang kemasan 100 Liter (botol 500mL)
      Untuk AB Mix yang padat, saya jual yang kemasan untuk 100 Liter dan 1.000 Liter.
      Jika anda tertarik, silahkan kontak saya ke email di petaniteguh@gmail.com

      Hapus
  38. Misi pak teguh, numpang nanya. itu yg pake Botol pocari nggk usah pake sumbu atau flanel yg ngehubungin gelas plastik sma air nutrisinya kah? soalnya aku sempet browsing itu ada pot yg dari aqua kemasan 1,5L yg dipotong jd 2 terus yang bgian atas di pasang terbalik ke bagian bawah terus dihubungin pake sumbu pdhal udah ada lubang2 bwt resapan nutrisinya.Terus cara ngecek nutrisinya itu gmn kan ketutup gitu? apa gelas plastiknya tinggal diangkat aja gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Tidak perlu , karena sistem di artikel ku yang ini adalah Sistem Kratky.
      Kalau pakai sumbu itu sistem Wick.

      Sumbu punya kelemahan menghambat pertumbuhan akar, dan lama lama akan lapuk , di tumbuhi jamur , bisa jadi tempat berkembang biak pantogen.

      Sistem Krakty memanfaatkan akar tanaman yang panjang untuk mengambil air nutrisi nya,
      disini karena mulai semai , jadi akar belum tumbuh, maka air nutrisi di buat merendam gelas nya agar membuat media tanam nya selalu basah/lembab agar semaian nya bisa tumbuh bagus.

      Untuk mengecek dan mengisi air nutrisi, cukup di angkat potnya saja.
      Dan saran saya, ngecek nya pagi pagi, maks jam 7-an.
      atau sekalian sore jam 5 an.
      Tujuan nya agar akar tanaman tidak stress karena terkena sinar matahari dan panas.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  39. Saya sudah lama jd pemerhati hidroponik & sdh pernah coba2 tanam pakai sistem wick, sukses bs buat dimasak mamanya anak2.
    Tetapi dr pengalaman tersebut sy jg tahu kl dengan sistem wick susah untuk skala agak besar krn repot pengontolan nutrisinya. Kebetulan sy berniat nyebur sekalian di dunia hidroponik ini supaya bs jadi penghasilan sampingan selain hobby & alhamdulillah barusan selesai bikin greenhouse sederhana ukuran 12 x 8 M yang akan saya gunakan untuk tempat budidaya hidroponik sistem NFT & aeroponik.
    Kedepannya kl boleh mohon bantuan & bimbingannya pak Teguh kl saya ada kesulitan krn sy baru pertama kali ini akan mencoba kedua sistem tsb.
    Maklum pak modale cm nekat & belajar dr tutorial2 yg saya dapat dr google tanpa background pertanian blass hehehe ..

    Salam hidroponik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Saya juga belajar otodidak di dunia maya.
      Ilmu memang penting, tapi praktek juga penting.
      coba baca baca isi blog saya dan juga akun Google Plus saya, agar tidak salah perhitungan.
      Saya sendiri sampai sekarang masih dalam proses belajar.

      Info saja, ada beberapa jenis tanaman yang cukup dengan sistem Kratky, semacam rakit apung atau wick, tapi gak pakai sumbu.
      Tapi ada yang memang butuh sistem DFT, NFT, dst

      Jadi sesuaikan Sistem dengan tanaman yang mau di tanam.

      Contoh dari pengalaman saya, saya tulis ini di Google Plus ku.
      Tanaman kangkung cukup di tanam pakai Sistem Kratky, sehingga bisa menekan biaya produksi sampai 50% lebih di banding sistem NFT atau DFT.

      Mari kita saling share ilmu, karena saya juga masih belajar sampai sekarang.


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  40. Inspiratif sekali, saya jadi semangat untuk memulai utk skala bisnis kecil, hehe. Sebelumnya sdh coba2 sistem hidroponik berdasar hobi, dan nampaknya tumbuhnya sangat bagus untuk cabe maupun tomat. Kemarin saya order sama mas Teguh di Tokopedia paket sayuran. Ini saya niatkan untuk awal bisnis walau kecil2an, mudah2an sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,

      Semangat Om, yang penting keuletan dan kesabaran, jika kita bisa merawat tanaman dengan baik, nanti si tanaman akan "membalas budi" dengan tumbuh subur dan menghasilkan.

      Di internet banyak saya melihat Petani yang menanam secara sederhana menggunakan botol botol bekas, kaleng cat bekas, dst
      Itu hasilnya di jual ke pasar tradisional.

      Selamat bertani. ^_^

      Hapus
  41. Bagus banget Pak Teguh.
    Sangat menginspirasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya,
      Alhamdulillah, semoga bisa menjadi petani yang sukses. ^_^

      Hapus
  42. mas,klo misalny pph nya gk diukur bgaimna?dn klo pph ny rendah atau tinggi itu crany bgaimna?nutrisinya ditmbhin ap?mksih sblumnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Ma'af saya baru kali ini dengar istilah "pph", yang sata tahu di hidroponik itu istilah "ppm", "ph", "ec", dan "cf"

      info saja, saya nanam di Botol pada artikel ini, belum punya alat ukur apapun, jadi saya biarkan saja apa adanya.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  43. Gmn cara membuat 600 lubang dgn ukuran lahan 3m x 6m?
    Apa ada gambarny pak teguh? Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Coba sistem A-Frame.
      Gambar silahkan main ke Blog Paktani HydroFarm disini http://paktanihydrofarm.blogspot.co.id/

      Jika kurang jelas, anda bisa mencari di Google dengan Keyword "A-Frame Hidroponik"

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  44. permisi mas, mas itu media tanamnya selain pake arang bisa pake apalagi ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      bisa pakai rajangan pakis, cocopeat, spon/busa, pasir zeolit (susah pake pasir tapi bisa), Rockwoll, Hidroton (tanah liat dibentuk bulat dan dipanaskan kayak bikin batu bata merah).


      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  45. asslamualikum... numpamg tanya pak. saya di kerinci jambi.. saya udah coba nutrisi abmix. pertumbuhan sayur bagus.. tapi sekarang nutrisinya mulai berkurang..
    menunggu pesanan online datang.. kira2 sementara waktu nutrisi ab mix yg tinggal sedikit itu bisa ditambahin/dicampur pupuk apa pak? takut layu pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Di kasih air saja gak apa apa pak, atau kasih air dengan ppm rendah, di kasih misal 1:1:1 supaya hemat sampai datang pesanan ab mix anda.

      Semoga mambantu. ^_^

      Hapus
    2. oh ia pak.. penambahan airnya sudah melebihi nutrisi yg tersisa gak apa2 pak?

      Hapus
  46. Bapak mau tanya. Untuk gelas plastik yg direndam di botol pocarynya itu bagian bawahnya dilubangi dlu pak? Kira2 dengan diameter brp ya? Selain itu, apakah sayuran tsb dpt tumbuh jk tidak terkena matahari langsung/ di dalam ruangan?.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Di sayat saja pak, bentuk V , tapi kalau anda mau pakai lubang saja, pakai lubang kira kira diameter 1mm-2mm

      Tumbuh sih bisa, tapi akan tumbuh merana.
      Tanaman itu butuh cahaya matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  47. Pak Izin kopas, untuk belajar.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.
      Silahkan.... ^_^

      Hapus
  48. kalau pesan ab mix termasuk onkir ke kerinci jambi. berapa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      AB Mix paket kecil harganya 20rb, dengan berat sekitar 300 gram, jika dikirim ke Kota Jambi, memakai:
      - jasa kantor pos, kena biaya 40rb.
      - jasa kantor Jne, kena biaya 27rb.
      btw, saya cari Kerinci di Jne tidak ada, ada nya kota jambi, kalau lokasi anda bukan Kota Jambi, tapi Kabupaten Jambi, maka biasanya ada biaya tambahan 10rb.
      Saya coba cari di pilihan Jambi, untuk Kecamatan Kerinci juga tidak ada.

      Hapus
  49. satu lagi pak. tanaman saya sedang diserang tungau pak..kira2 bagai mana cara mengatasinya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ma'af saya tidak tahu, biasanya jika tanaman saya kena hama, selama bisa saya "Pites" maka akan saya matikan pakai jari jari tangan saya, dengan di Pites.

      Saya sendiri tidak suka memakai Pestisida, baik yg Nabati (Kimia Organik) maupun yang Kimia (Anorganik).
      Meski pernah saya coba membunuh/mengatasi WhiteFly dengan Wings Biru atau Rinso, tapi gak begitu ada efeknya, jadi balik manual pakai jari jari tangan.
      Kalau parah, saya pangkasi daun daun dan batang, agar mudah membunuh satu satu pakai jari tangan.

      Jika tanaman banyak, dulu pernah kangkung ku seluar kira kira 1 x 1/2 meter terkena WhiteFly semua, itu saya biarkan saja sampai mati dan saya tidak menanam kangkung lagi.
      Sekarang ganti nanam yang jarang di datangi hama, yaitu Bayam, Seledri dan Melon.
      Meski Melon biasanya di serang tikus..... >.<

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  50. asslmlkm...
    pak. saya berada di kabupaten kerinci. pengiriman paket bisa melalui JNE kota sungai penuh. coba bapak cek lg...
    saya tunggu kabarnya pak...hhhh

    BalasHapus
  51. Untuk di kirim ke Alamat Kota SungaiPenuh, Kabupaten Kerinci.
    Jika pakai:
    - JNE Oke = 36rb ( estimasi sampai 3 - 6 hari )
    - JNE Reg = 42rb ( estimasi sampai 2 - 3 hari )

    Jika pakai JNE, meski barang berat cuman 300 gram, akan di anggap 1 Kg.
    Jadi saran saya beli 3 bungkus, agar dianggap 1 Kg jadi bisa menghemat Ongkos kirim.

    Jika anda tidak ingin memberi info alamat disini, anda bisa kirim lewat email ke petaniteguh@gmail.com
    Jika anda tidak paham memakai email, anda bisa minta tolong teman yang paham dengan email.

    BalasHapus
  52. Boleh minta alamat emailnya pak, saya mau pesan ab mix nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Di komentar di atas sudah saya tulis, yaitu petaniteguh@gmail.com

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  53. Mas mau nanya, untuk rata" kebutuhan tanaman seperti sawi/selada yang umum untuk hidroponik, kebutuhan campuran air nutrisi 5:5:1liter, untuk per tanaman pada minggu pertama butuh brapa liter, minggu kedua, dan sampai minggu ke empat.

    Terima kasih. Mohon infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Kalau hal seperti itu saya belum pernah melakukan penelitian dan belum pernah ada yang meneliti seperti itu.

      Yang pernah saya lakukan mengukur total kebutuhan selama masa taman sampai panen yang di butuhkan semua tanaman yang ada di kebun ku.
      Anda bisa membaca di Akun Google Plusku, link Google Plus nya bisa anda lihat di atas blog ini.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  54. Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Foto foto nya jika di klik masih ada koq,
      cuman Foto preview Thumbnail saja yang error, ini Blogger nya yang trouble.

      Sudah saya coba perbaiki,
      tapi masih ada sedikit trouble.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  55. Pak Teguh, terimakasih banyak penjelasan detail diblognya sangat membantu (baru nemu blognya yang detail dan jujur seperti ini)
    saya mau tanya saya pakai ab mix merk jirifarm, ppm (1700an diukur tds meter xiaomi) dengan perbandingan 10:10:1 (10ml ke 1 liter air)
    Nah yang saya bingung kq di rockwool saya sampai minggu ketiga tidak tumbuh lumut seperti yang lain? apa yang salah ya? pakai sistem rakit apung di sterefoam
    Pertumbuhan tanaman packcoy,sawi, kangkung dan bayam tidak bagus seperti bonsai tidak mau besar (sementara saya perkirakan karena kesalahan semai lama tidak dikasih sinar matahari)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Hmm... Bisa jadi di Air nutrisi tercampur zat yang menghambat pertumbuhan lumut, atau Nilai pH tidak cocok buat tumbuh nya lumut, atau memang AB Mix nya.


      Coba di cek akar nya, warnanya apa kecoklatan yang menandakan tanaman Stress karena Air kepanasan.

      Apakah mendapat sinar matahari penuh, mulai pagi sampai sore?

      Apakah jarak tanam tidak terlalu rapat?

      Kalau ada foto akan lebih baik, kalau anda paham cara menggunakan email.
      Bisa di konsultasi lebih lanjut di email petaniteguh@gmail.com agar bisa di lampirkan foto akar dan tanamannya.
      Saat kirim email beri Subyek/Judul Konsultasi


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus